Es kelapa kopyor.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Segarnya Es Kelapa Kopyor, Buahnya Dipetik Langsung dari Pohonnya

Senin, 18 April 2022 - 12:29 WIB

Pati, Jawa Tengah - Setelah seharian beraktifitas dengan cuaca yang panas, saat buka puasa cocoknya minum yang segar-segar. Kelapa kopyor mungkin bisa menjadi rekomendasi yang pas. 

Parutan daging kelapa kopyor yang lembut dan kemudian dipadukan dengan sirup dan serutan es, akan menjadi hidangan yang menyegarkan, sekaligus ringan saat berbuka puasa.

Buah kelapa sering menjadi incaran para penikmat kuliner untuk diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Tak hanya buah kelapa yang tumbuh sempurna saja yang dapat diolah menjadi minuman. Buah kelapa yang tumbuh tak normal karena kelainan genetik atau biasa disebut dengan kelapa kopyor, justru lebih banyak diburu oleh penikmat kuliner.

Jika anda ingin mencari kelapa kopyor yang segar langsung petik dari pohonnya untuk minuman berbuka puasa, bisa datang di Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ketika anda sampai di sentra budidaya kelapa kopyor di Desa Sambiroto, anda akan dibuat pusing memilih kelapa kopyor. Pasalnya, hampir setiap rumah akan anda jumpai pohon kelapa.

Agar kelapa kopyor yang akan anda olah masih segar dan langsung dari pohonnya, anda bisa melihat secara langsung proses pengambilan kelapa kopyor oleh para petani. Untuk membedakan kelapa kopyor dan yang tidak, para petani harus memiliki keahlian khusus dan cermat dalam membedakan setiap buah kelapa.

Salah satunya yaitu dengan memukul mukul dibagian ujung buah kelapa. Jika kelapa tersebut kopyor, maka suaranya lebih lembek.

Setelah mendapat buah kelapa kopyor, saatnya untuk mengolahnya menjadi minuman yang menyegarkan. Pertama, kupas terlebih dahulu buah kelapanya serta bagian tempurungya.

Setelah itu daging kelapa kopyor diparut. Parutan buah kelapa kopyor tadi kemudian dipadukan dengan gula atau sirup. Agar semakin menyegarkan, jangan lupa tambahkan es batu. Es kelapa kopyor pun siap dinikmati.

Salah satu penggemar es kelapa kopyor, Endah Rahmawati menuturkan, setiap bulan Ramadhan selalu menyempatkan diri datang ke Desa Sambiroto mencari kelapa kopyor untuk membuat minuman buka puasa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral