Hampers Unik Berisi Perlengkapan Ibadan bermotif Batik..
Sumber :
  • tim tvOne - Galih Manunggal

Hampers Unik yang Diburu Pemudik, Mau Tau Isinya?

Selasa, 3 Mei 2022 - 13:25 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Bosan dengan hantaran atau hampers yang berisi makanan dan minuman? Nah, di Kudus, Jawa Tengah ada hampers yang unik, yakni hampers batik lebaran. 

Uniknya, disebut hampers batik lebaran karena didalamnya berisi perlengkapan ibadah seperti sajadah batik, mukena batik, hingga sarung batik. Di momen lebaran, hampers batik diburu para pemudik untuk buah tangan keluarga di kampung halaman.

Tradisi memberikan hampers atau hantaran saat lebaran kepada saudara atau kolega menginspirasi Yuli Astuti, seorang pengrajin batik di desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kudus untuk membuat hampers yang unik. Adalah hampers perlengkapan ibadah batik. 

Hampers ini berisi sejumlah perlengkapan ibadah yang sudah dimodifikasi dengan batik tulis khas Kudus, diantaranya mukena batik, sajadah batik, baju muslim batik, hingga sarung batik. Motifnya pun beragam, yakni motif khas Kudus seperti motif Menara Kudus, Kapal Kandas, Beras Tumpah, Parijoto, hingga Tembakau dan Cengkih.

Menurut Yuli, ide awal membuat hampers batik bermula saat banyak warga yang membeli sejumlah batik tulis miliknya secara paketan. Sehingga munculah ide untuk membuat hampers yang berisi satu paket perlengkapan ibadah yang telah dihiasi motif batik tulis Kudus. 

Agar lebih menarik, hampers batik tersebut juga dikreasikan menjadi beberapa bentuk unik seperti perahu, angsa, kelinci, dan bentuk unik lainnya lengkap dengan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443H.

“Saay momen lebaran hampers atau parsel batik ini banyak dipesan warga yang sebagian besar pemudik untuk hantaran keluarga dan sanak saudara.  Dipilih hampers batik karena  selain menarik dengan motif batik khas Kudus yang berwarna cerah, isi dari parsel batik ini juga bisa digunakan untuk beribadah saat Lebaran, seperti Sholat Ied maupun saat silaturahmi bertemu saudara,” ujar Yuli.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral