Lontong tetel bertabur toping wortel dan kacang polong..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Sedapnya Kuah Santan Oseng Pedas Lontong Tetel di Wonosobo

Rabu, 25 Mei 2022 - 11:34 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah – Jika berkunjung ke kota dingin Wonosobo, Jawa Tengah ada sebuah ikon baru wisata kuliner yang bakal menggugah selera makan dan wajib dicicipi namanya Lontong Tetel.

Biasanya lontong identik dengan sate ayam atau kambing. Nah, ada salah satu warung makan di Wonosobo yang terletak di Jalan Kyai Sabuk Alu menyajikan lontong yang dipadukan dengan kuah santan oseng pedas berisi tetelan atau  irisan daging yang menempel di tulang,  dengan taburan toping wortel dan kacang polong.

Kelezatan kuliner Lontong Tetel ini terletak pada kuah santan  kental dengan rasa pedasnya yang bisa membuat lidah bergetar dan tubuh berkeringat. Terlebih lontongnya pun bertekstur lembut dan empuk saat dimakan.

“Untuk kuahnya kita pakai bumbu rempah yang berkualitas dan untuk kuah santannya dari kelapa yang benar-benar pilihan, tidak asal-asalan. Untuk lontongnya kita punya cara sendiri saat memasaknya supaya bisa empuk dan lembut saat dimakan,” ujar Mohammad Zaenal, pemilik warung Lontong Tetel.

Disini pembeli bisa memilih menu sesuai selera, mulai dari daging ayam, daging sapi, babat iso hingga tengkleng kambing . Untuk menambah selera makan, lontong tetel ini juga diberi taburan toping wortel dan kacang polong. Bagi yang tak suka pedas, level pedasnya pun bisa diatur dari pedas sedang hingga level kemlecer (pedas segar).

“Ini ada taburan wortel dan kacang polongnya buat tambah selera makan. Yang tidak terlalu suka pedes tinggal pilih saja bisa, tapi memang tag line kami disini adalah seger kemlecer artinya pedas segar yang bisa bikin berkeringat,” ujarnya.

Untuk satu porsi lontong tetel  harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 17 ribu rupiah saja per porsinya. Buka mulai pagi hari pukul 07.00 WIB  hingga petang. Dalam sehari tak kurang dari 500 porsi bisa habis terjual.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral