Ilustrasi Pentingnya Recovery Setelah Lari.
Sumber :
  • Pixabay.com

Ini Pentingnya Melakukan Recovery Setelah Berlari Jarak Jauh

Jumat, 27 Mei 2022 - 07:34 WIB

Jakarta - Perlombaan lari jarak jauh atau maraton sangat menguras tenaga dan energi bahkan saat persiapannya pun dibutuhkan latihan yang sangat berat. 

Dengan menempuh jarak yang jauh dan intensitas yang tinggi banyak dari para pelari yang merasakan nyeri pada bagian kaki seperti betis dan paha bahkan hal tersebut bisa sangat menggangu aktivitas.

Melakukan lari jarak jauh dan maraton memerlukan persiapan yang matang dan latihan yang sangat berat, namun bukan hanya persiapan yang penting. Proses recovery atau pemulihan setelah melakukan lari jarak jauh juga sama pentingnya.

Proses recovery setelah lari jarak jauh salah satunya adalah recovery run. Recovery run bisa dilakukan sehari setelah selesai berlari jarak jauh yang memerlukan intensitas yang tinggi.

Recovery run cukup dilakukan dengan kecepatan yang pelan seperti jogging dalam kurun waktu 30 menit. dengan melakukan recovery run otot tubuh akan terlatih secara merata dan berdampak baik untuk performa lari kedepannya.

Selain recovery run istirahat yang cukup pun sangat penting dalam proses pemulihan. Istirahat harus dilakukan 6 jam perhari, dan bisa ditambahkan dengan tidur siang selama dua jam. 

Maka total waktu yang diperlukan untuk beristirahat adalah 8 jam dalam sehari untuk mendpatkan hasil pemulihan yang maksimal. Recovery saat tidur sangatlah penting karena ketika tidur tubuh kita akan menyegarkan otot-otot yang lelah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral