Ilustrasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Sumber :
  • unsplash.com

Diperingati Setiap 5 Juni, Begini Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ternyata Dimulai dari Acara Ini

Minggu, 5 Juni 2022 - 15:35 WIB

Setiap tanggal 5 Juni, seluruh dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan hari internasional terbesar untuk lingkungan. Dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP), dan telah diadakan rutin sejak 1973.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia ternyata bermula dari 50 tahun lalu. Dilansir dari India Today, Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB diketahui menetapkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 1972. Di mana tahun itu juga merupakan hari pertama acara Konferensi Stockholm tentang lingkungan manusia.

Lalu pada 1974, dirayakan dengan tema ‘Hanya Satu Bumi’ (Only One Earth). Sejak saat itu, berbagai negara tuan rumah telah merayakannya, dan gagasan untuk memutar pusat kegiatan ini dimulai. Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1974 di Amerika Serikat.

PBB menyelenggarakan Hari Lingkungan Hidup Seduna untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 ini diselenggarakan oleh Swedia. ‘Only One Earth’ adalah slogan kampanye, dengan focus pada ‘Hidup Berkelanjutan dalam Harmoni dengan Alam’.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah kesempatan untuk berpikir tentang bagaimana kita adalah bagian dari alam dan seberapa erat dan tegas kita bergantung pada alam untuk bertahan hidup. (bel)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral