Rusmani Menyalakan Kompor Gas Berbahan Biogas Kotoran Ayam.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Kreatif, Warga Pati Ini Ubah Kotoran Ayam Jadi Biogas Pengganti Elpiji

Kamis, 9 Juni 2022 - 12:02 WIB

Pati, Jawa Tengah – Kotoran ayam dari peternakan umumnya sering menimbulkan polusi bau yang mengganggu lingkungan. Namun, ditangan seorang warga Pati, Jawa Tengah, kotoran ayam bisa diolah menjadi biogas.

Selain bisa mengatasi polusi bau dan pencemaran lingkungan, biogas dari kotoran ayam ini juga bisa digunakan untuk memasak, atau pengganti gas elpiji yang dari tahun ke tahun harga gas elpiji terus mengalami kenaikan.

Adalah Rusmani, warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang berhasil mengolah kotoran ayam menjadi biogas untuk memasak. Ide pembuatan biogas kotoran ayam ini terinspirasi dari biogas kotoran sapi yang sudah banyak dilakukan oleh peternak sapi di sejumlah daerah.

Setelah browsing di google dan mencari di youtube tentang cara pembuatan biogas, Rusmani kemudian mencoba membuat bak penampungan kotoran atau digester dan penampung gas dari kotoran ayam yang dialirkan dari bak penampungan.

“Awalnya terinspirasi dari biogas kotoran sapi. Kalau kotoran sapi bisa dibuat biogas, kotoran ayam juga bisa dibuat biogas. Akhirnya saya coba-coba membuatnya dan Alhamdulilah bisa keluar gasnya dan bisa untuk memasak,” ujar Rusmani, Kamis (9/6/2022).

Rusmani menambahkan, selain cara pembuataannya cukup sederhana tidak perlu membuat instalasi dengan beton, yakni cukup dengan tong berbahan plastik, biayanya juga murah.

“Biayanya untuk membuat cukup murah, semua habis satu juta untuk beli tandon air bekas kapasitas lima ratus liter dan tong plastik kapasitas seratus liter untuk membuat digester, dan plastik PE tebal pembungkus kasur lantai 4 buah yang saya pasang dobel untuk menampung gas dari kotoran ayam,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral