Ilustrasi Kuliner Surabaya Rujak Cingur.
Sumber :
  • cookpad.com

Jadi Salah Satu Kuliner Surabaya yang Tak Boleh Terlewat untuk Dicoba, Begini Asal-usul Rujak Cingur

Minggu, 19 Juni 2022 - 19:48 WIB

Rujak cingur menjadi salah satu kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi ketika Anda sedang berkunjung ke kota pahlawan ini.

Kuliner Surabaya tersebut terbuat dari berbagai macam sayuran, tempe, tahu, lontong, cingur (irisan mulut atau moncong sapi yang direbus), dan terkadang juga ditambah dengan buah-buahan.

Kuliner Surabaya yang banyak digemari orang ini kemudian disajikan dengan bumbu uleg yang terdiri dari petis, sambal kacang, hingga irisan pisang biji hijau yang masih muda.

Melansir dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, asal-usul rujak cingur ini diduga bermula dari hari ulang tahun seorang raja di Mesir atau Masiran.

Raja tersebut kemudian meminta tukang masak di istananya untuk membuat hidangan istimewa, sayangnya tidak ada satu pun makanan yang sesuai dengan selera sang raja.

Hingga akhrinya datang seorang yang membawa makanan yang dibungkus di daun pisang. Usai makanan tersebut dianggap aman, sang raja pun menyantap makanan itu.

Sosok pembawa makanan tersebut disebut bernama Abdul Rozak. Abdul Rozak lalu diberi hadiah berupa kapal laut, sebidang tanah, dan bahkan diangkat menjadi juru masak di istana.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
Viral