Gogle News.
Sumber :
  • via Ecran Mobile

Fokus Perangi Hoax dan Propaganda, Ini Beberapa Fitur Baru dari Google News

Kamis, 23 Juni 2022 - 23:25 WIB

tvOnenews - Serangkaian pembaharuan diperkenalkan Google News dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-20. Diantaranya adalah pembaharuan fitur cek fakta atau mengukur kadar keaslian suatu berita.

Fitur Google News tersebut hadir melalui bantuan dari sebuah lembaga independen yang disebut 'Fast Check'.

Seperti yang dilansir dari laman VIVA Digital, dikutip dari Blog Google  pada Kamis (23/6) menurut mereka fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna agar terhindar dari misinformasi, hoax, hingga propaganda,

"Kami mengumumkan cara kami bekerja untuk membantu orang-orang di seluruh dunia menemukan beragam berita yang terpercaya melalui dukungan global bagi kantor berita dan inovasi produk," ungkap Google.

Fitur 'Fast Check' memiliki koleksi lebih dari 150 ribu pemeriksaan fakta dari kantor berita bereputasi di seluruh dunia. Selain itu, kehadiran fitur ini diklaim Google menjadi salah satu cara mereka untuk mendukung literasi media. 

Selanjutnya Google juga mengenalkan fitur tambahan yang disebut 'This Result'. Fitur ini membantu pembaca memperdalam informasi sumber berita tersebut hingga melihat rekomendasi dari para ahli untuk memeriksa sumbernya.

Fitur itu juga memungkinkan untuk melihat apa yang dikatakan oleh publik tentang topik atau berita terkait.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
Viral