Jadwal Fenomena Astronomi di Bulan Juli, Ada Supermoon hingga Hujan Meteor.
Sumber :
  • shutterstock

Jadwal Fenomena Astronomi di Bulan Juli, Ada Supermoon hingga Hujan Meteor

Jumat, 8 Juli 2022 - 22:12 WIB

Jakarta, - Selama Juli 2022 langit akan diwarnai dengan sejumlah fenomena astronomi mulai dari Supermoon hingga hujan meteor.

Peneliti Astronomi Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Thomas Djamaluddyn memaparkan ada beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Dia mengungkap akan ada fenomena Supermoon hingga hujan meteor yang terjadi selama Juli ini. Menurutnya fenomena yang rutin terjadi setiap tahun ini juga dapat disaksikan pada saat cuaca cerah di malam hari.

"Fenomena astronomi ini tidak memiliki dampak besar yang perlu diwaspadai sebab sering terjadi hampir setiap tahun. Hujan meteor juga tiap tahun ada dengan waktu yang umumnya sama. Kalaupun bergeser paling hanya lebih sehari," katanya dikutip dari Viva, Jumat, (8/7/2022).

Lantas ada fenomena apa saja yang dapat disaksikan selama bulan ini? Berikut diolah dari laman Langitselatan beberapa fenomena tersebut:

1. Hujan Meteor Piscis Austrinid: 28 Juli 2022

Hujan meteor ini akan menjadi hujan meteor pertama yang berada pada puncak aktivitas dengan maksimal 5 meteor setiap jamnya. Hujan Meteor Piscis Austrinid dapat diamati mulai pukul 19.52 WIB hingga fajar menyingsing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral