Burj Khalifa.
Sumber :
  • IG: @burjkhalifa

10 Gedung Tertinggi di Dunia, Burj Khalifa Jadi yang Tertinggi

Selasa, 2 Agustus 2022 - 13:06 WIB

Jakarta - Gedung-gedung tertinggi di dunia tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari Asia, Amerika, Eropa hingga Arab Saudi. Gedung pencakar langit tersebut masing-masing memiliki keunikan tersendiri, mulai dari arsitekturnya hingga sejarah pembangunannya.

Disebut sebagai gedung pencakar langi, karena bangunan tersebut memiliki ketinggian diatas rata-rata dari bangunan lainnya. Selain itu, ketinggian gedung seakan menembus awan. 

Gedung-gedung pencakar langit yang berada di sejumlah negara menjadi icon di negara tersebut, tak hanya digunakan untuk perkantoran saja, gedung tersebut juga difungsikan sebagai hotel, perkantoran dan pusat perbelanjaan. Berikut daftar gedung tertinggi di dunia. 

1. Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifa hingga saat ini masih memegang rekor gedung tertinggi di dunia, terletak di ibu kota Dubai, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dengan tinggi 828 meter, gedung ini mempunyai arsitektur yang menarik, dilansir dari New York Post, gedung ini memiliki 163 lantai dan proses pembangunan-nya yang cukup memakan waktu lebih dari 5 tahun, mulai dari 2004 hingga 2010. 

Burj Khalifa dirancang oleh tim yang dipimpin Adrian Smithdari dari Skidmore, Owings & Merrill, perusahaan yang merancang Menara Sears di Chicago, pemegang rekor sebelumnya untuk gedung tertinggi di dunia. menjadi 

Desain Burj Khalifa terlihat unik dengan tepian yang menonjol bukan estetika belaka, tapi untuk memotong angin sehingga dapat mengurangi turbulensi dan meningkatkan stabilitas bangunannya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral