Gunung Semeru.
Sumber :
  • Dok PVMBG

Berani Mendaki? Ini 5 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia

Selasa, 2 Agustus 2022 - 18:00 WIB

Jakarta - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia, hal tersebut dikarenakan letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh dua jalur pegunungan utama di dunia yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sirkum Pasifik membentang di Samudra Pasifik dimulai dari pegunungan Andes di Amerika Serikat, Kepulauan Jepang, Pulau Papua, Selandia Baru, Pulau Maluku, Sulawesi, hingga Papua. Sedangkan Sirkum Mediterania, membentang mulai dari Afrika Utara, Eropa Selatan, dan melewati Asia Barat, Kepulauan Andaman, Pulau Nusa Tenggara, Jawa, sampai Sumatra. Berikut 5 Gunung Berapi tertinggi di Indonesia 

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di perbatasan antara Sumatra Barat dan Provinsi Jambi. Gunung ini merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3805 meter diatas permukaan laut.

Saat berada di puncak Gunung Kerinci, pendaki bisa melihat indahnya pemandangan Kota Jambi, Padang, Bengkulu, hingga Samudra Hindia dengan jelas.

Untuk sampai ke puncak Gunung Kerinci setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 8 Jam. Banyak jalur pendakian menuju Gunung Kerinci, diantaranya dari Desa Kersik.

Saat berada pada puncak Gunung Kerinci, kita di sajikan pemandangan yang begitu indah, berupa hamparan hijaunya hutan, deretan bukit, danau dan gelombang awan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral