Ingkung Kluwek Desa Watulawang, Kuliner Legendaris Warisan Leluhur..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Seperti Ini Gurihnya Ingkung Kluwek, Kuliner Legendaris Asli Watulawang Kebumen

Kamis, 4 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Ingkung kluwek Watulawang merupakan kuliner khas yang ada di Desa Watulawang, Kecamatan Pejagoan. Lokasinya berjarak 20 kilometer dari Kota Kebumen, di kawasan perbukitan. 

Kuliner legendaris dengan menu tradisi leluhur ini mulai banyak digemari para pecinta kuliner. Berkuah gelap, dengan perpaduan bumbu yang khas membuat ingkung kluwek bertahan dari zaman ke zaman. 

Ingkung kluwek saat ini bisa dinikmati kapan pun. Dahulu masakan ini hanya dihidangkan pada bulan Syaban, masakan ini disajikan untuk acara kenduri. Namun,  saat ini masakan ini dapat dinikmati setiap hari.

Berbeda dengan ingkung pada umumnya, untuk menjaga cita rasa legendaris ingkung ayam kampung kluwek Watulawang dimasak pada sebuah tungku dengan menggunakan kayu bakar. 

Lebih spesial lagi, bagi yang ingin menikmati ingkung kluwek di Watulawang wajib memesan terlebih dahulu. Karena ayam yang digunakan harus menangkap terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Pemilik Kedai Pawon Haritage Watulawang, Juni Setiyadi mengatakan ingkung kluwek buatannya merupakan masakan khas legendaris yang turun-temurun diwariskan sejak leluhurnya di Desa Watulawang.

"Ingkung kluwek beda dengan ingkung pada umumnya. Warna hitam seperti semur bukan berasal dari kecap melainkan dari biji buah kluwek dan rasanya benar-benar unik, gurih dan bikin ketagihan," jelas Juni usai menghidangkan menu ingkung kluweknya, Rabu (3/8/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral