Ilustrasi Ponsel.
Sumber :
  • Istimewa/pixabay.com

Hati-hati, Ponsel dengan Chipset Rentan Terhadap Pembayaran Palsu

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:38 WIB

Medan, Sumatera Utara - Perkembangan digital sangat luar biasa di dunia, terutama pada ponsel-ponsel dari China. Namun, masyarakat Indonesia juga harus berhati-hati dan waspada dalam menggunakan serta untuk memiliki sebuah ponsel.

Sebab, dari keterangan akun media sosial Instagram ccicpolri menjelaskan, ponsel dari China dengan chipset atau chip medietek ditemukan rentan terhadap pembayaran palsu. 

"Waspada! Ponsel China dengan Chip Mediatek Ditemukan Rentan Terhadap Pembayaran Palsu! Sobat Siber, adakah di antara kamu yang menggunakan ponsel asal China? Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan beberapa ponsel dengan chipset tertentu rentan terhadap bahaya," tulis akun media sosial (medsos) Instagram ccicpolri, seperti yang dikutip tvonenews.com, Minggu (28/8/2022).

Selain itu, medsos tersebut juga mengungkapkan bahwa kelemahan keamanan pada ponsel asal China terutama dalam model N9T dan N11. Di mana kelemahan itu dapat dimanfaatkan untuk menonaktifkan mekanisme pembayaran seluler.

Bahkan yang lebih bahayanya, dapat memalsukan transaksi melalui aplikasi android yang diinstal pada perangkat. 

Kemudian, penyebab kerentanan pada ponsel China, yakni pada perangkat ponsel yang disebabkan karena kurangnya kontrol pada versi lama dan kemungkinan bisa menyerang untuk melancarkan aksinya. 

Selanjutnya, dari sebuah laporan menemukan serangkaian kerentanan yang memungkinkan pemalsuan paket pembayaran atau menonaktifkan sistem pembayaran langsung dari aplikasi android yang tidak memiliki hak istimewa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral