Resep ayam bakar menggunakan teflon.
Sumber :
  • Freepik

Anti Gagal! Inilah Resep Ayam Bakar Kecap Menggunakan Teflon, Bumbu Meresap Sampai Dalam

Jumat, 25 November 2022 - 18:53 WIB

TvOnenews.com - Salah satu makanan berbahan utama ayam yang paling populer yaitu ayam bakar. Cita rasa yang manis dari kecap, bumbu-bumbu yang lengkap dan meresap hingga kedalam sangat menggugah selera.

Anti Gagal! Inilah Resep Ayam Bakar Kecap Menggunakan Teflon, Bumbu Meresap Sampai Dalam

Banyak macam menu ayam bakar seperti ayam bakar madu, mentega, kecap, maupun diolah dengan rasa yang pedas. Namun ayam bakar biasanya identik dengan rasa manis dari kecap manis. 


Ilustrasi Ayam Bakar Kecap menggunakan Teflon. (Ist)

Biasanya ibu-ibu yang ingin memasak ayam bakar merasa repot bila menggunakan oven maupun arang untuk membakar ayam. Untuk Anda yang merasa repot dengan menggunakan alat seperti itu, memasak ayam bakar kecap juga dapat menggunakan teflon.

Dengan menggunakan teflon, membuat Anda memasak Ada beberapa tahapan agar membuat bumbu meresap secara merata. 

Mau tau rahasianya? Simak resep membuat ayam bakar kecap dengan menggunakan teflon berikut ini. Resep dikutip dari kanal YouTube Devina Hermawan      

 

Resep Ayam Bakar Kecap (untuk 8 porsi)

Bahan marinasi ayam:

2 ekor ayam, potong 4 bagian

2 buah jeruk nipis

1 sdt garam

1 sdt kaldu 

8 sdm kecap manis

2 sdm air asam jawa, opsional

 

Bahan bumbu halus:

8 siung bawang putih 

10 siung bawang merah

4 butir kemiri

6 cm kunyit 

6 cm lengkuas

3 buah cabai merah tanjung / 8 buah cabai keriting

1 sdt ketumbar sangrai

1 sachet terasi

Minyak secukupnya

 

Bahan lainnya:

2 batang serai, potong, geprek

4 lembar daun salam

1 sdm margarin

½ sdt merica

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt garam

1 sdm gula pasir

4 sdm kecap manis

700 ml air

 

Bahan oles:

Bumbu ungkep 

2 sdm margarin

 

Pelengkap:

Nasi

Terong, Potong

Sambal Bawang

Kemangi

Bawang Goreng


Langkah:

  1. Siapkan ayam yang telah dipotong, lalu masukkan garam juga perasan jeruk nipis ke dalam ayam. Kemudian hingga merata, diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dan tiriskan.

  2. Masukkan beberapa bumbu kedalam ayam, seperti kecap manis, air asam jawa, garam, dan kaldu bubuk, kemudian aduk bumbu hingga semua merata. 

  3. Tutup dengan plastik wrap agar terlindung dari kotoran dan diamkan selama 3-4 jam atau semalaman di dalam kulkas agar bumbu meresap secara merata.

  4. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, ketumbar, terasi, cabai merah, dan sedikit minyak dengan menggunakan blender lalu tumis hingga matang merata.

  5. Saat menumis bumbu halus, masukkan serai, daun salam, merica, dan margarin tumis hingga matang kemudian masukkan ayam yang sudah dimarinasi, aduk hingga rata.

  6. Bila sudah merata, lalu tambahkan air, kecap manis, garam, kaldu, dan gula pasir. Masak hingga bumbu meresap dengan api sedang selama 25 menit, kemudian tiriskan.

  7. Sisihkan bumbu ungkepan ke dalam mangkuk lalu campurkan dengan margarin, aduk rata

  8. Panaskan wajan, masukkan ayam lalu oleskan dengan bumbu yang telah diberi margarin. Kemudian panggang ayam hingga matang.

  9. Selain dengan wajan, ayam juga dapat dipanggang menggunakan oven atau air fryer. Panggang ayam dan terong yang telah dioles bumbu di suhu 170 derajat celcius selama 15 detik 

  10. Ayam bakar kecap siap disajikan dengan pelengkap

Demikian resep ayam bakar kecap dengan menggunakan teflon. Resep ini lebih praktis tanpa harus menyiapkan arang untuk membakar. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan dan selamat mencoba! (Kmr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral