Penipuan berkedok kurir paket.
Sumber :
  • Kolase tim tvonenews.com

Viral Penipuan Berkedok Kurir Paket Bikin Was-was, Tanpa Sadar Rekening Para Korban Ludes Tak Tersisa

Selasa, 6 Desember 2022 - 11:18 WIB

Jakarta, tvOnenews – Viral di media sosial kasus penipuan dengan modus kurir pengiriman paket. Penipuan ini dilakukan secara daring dengan tujuan membobol data korban.

Kisah penipuan berkedok kurir paket itu dibagikan oleh akun Instagram @evan_neri.tftt pada Kamis (1/11/2022) dan langsung menuai sorotan netizen. Pemilik akun tersebut membagikan tangkapan layar yang berawal dari penipu menghubungi korban melalui pesan Whatsapp.

Si penipu berpura-pura mengantarkan paket dan mengirimkan lampiran file dengan format APK dengan nama “LIHAT FOTO Paket”.

Ini modus kejahatan siber yg baru. Pelaku pura2 dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dgn ekstensi APK. Klo tidak jeli dan hanya melihat judul file, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya. Perhatikan dulu ekstensinya apa. File dengan ekstensi APK adalah aplikasi yg berjalan utk OS android,” tulis akun Instagram tersebut.

Tangkapan layar kasus penipuan berkedok kurir paket (sumber: kolase tim tvOnenews)

Diketahui, setelah mengklik lampiran tersebut. Secara tidak sadar, uang dari rekening di M-banking korban langsung ludes. Diduga film dalam format APK yang dikirimkan penipu bersifat mengeksploitasi data para korbannya.

Diduga file yg dikirimkan oleh pelaku dan diunduh oleh korban tsb adalah exploit yg berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yg dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral