Robot Android.
Sumber :
  • Tim tvOne

Yuk Kilas Balik Versi Sistem Operasi Buatan Google, Android dari Masa ke Masa, Mana Android Pertama Kamu?

Minggu, 18 Desember 2022 - 06:30 WIB

Jakarta - Sistem operasi Android, ketika pertama kali diluncurkan pada 2008 silam, sistem operasi perangkat mobile buatan Google, Android mampu mencuri perhatian dan kala itu muncul hampir bersamaan dengan iPhone. Kini Android menjadi OS semilyar umat dan menjadi penguasa dunia dengan iOS menjadi saingan utamanya. Android berhasil menumbangkan Windows Phone, Symbian dan juga Blackberry.

Kini sistem operasi Android sudah versi Android 13 yang diluncurkan pada Agustus 2022. Nah, bagi agan pecinta Android mari kita sejenak untuk kilas versi Android dari masa ke masa dari awal sampai sekarang.

 

Android 1.0 (Alpha)

Merupakan versi awal dari Android dan dikembangkan dalam perangkat pertama Android, HTC Dream yang dirilis pada 2008. Fiturnya masih sederhana namun cukup revolusioner di masanya. Selain sudah ada Android Market, fitur lainnya adalah aplikasi dasar Google termasuk Gmail dan Google Maps. Fitur basic lainnya adalah sebagaimana smartphone pada umumnya pada saat itu.

 

Android 1.1 (Beta)

Versi ini dirilis pada awal tahun 2009 sebagai update minor untuk HTC Dream yaitu memperbaiki beberapa bug namun tidak ada penambahan fitur yang signifikan.

 

Android 1.5 Cupcake

Merupakan versi Android pertama yang dirilis untuk perangkat lainnya dan Android Cupcake diluncurkan pada 27 April 2009, sejak saat itu penamaan versi Android menggunakan nama makanan manis. Adapun beberapa fitur dalam versi ini adalah dukungan keyboard pihak ketiga. fitur widget, fitur copy paste, rotasi otomatis, dll.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
04:20
04:02
05:04
01:29
04:04
Viral