Leonardo Kleinrock/ Penemu Jaringan Internet.
Sumber :
  • stebisigm.ac.id

Mengenal Leonard Kleinrock Sang Penemu Internet

Sabtu, 31 Desember 2022 - 18:00 WIB

Jakarta - Pengembangan jaringan APARNET oleh Larry Robet yang dilakukan Departeman Pertahanan Amaerika Serikat pada tahun 1950 an menjadi tonggak bersejarah ditemukanya jaringan internet

Pengembangan jaringan APARNET tersebut mampu menghubungkan sejumlah kumputer, meski dalam jumlah yang sangat terbatas di 4 universitas AS.

Leonard Kleinrock kemudian mengembangkan jaringan tersebut dengan penemuan fenomenalnya tentang teori pertukaran paket teknologi sekitar tahun 1959 hingga 1961.

Kemudian, pada 29 Oktober ilmuan asal Amerika Serikat tersebut berhasil menyempurnakan temuanya terkait jaringan paket menjadi jaringan internet yang mampu memecahkan kode digital. 

Selain itu, Kleinrock juga memlopori terbentuknya jaringan komunikasi digital. Selain itu, jaringan yang ditemukanya termasuk ke dalam jaringan pertama yang menerapkan paket protokol TCP/IP dan menjadi pondasi ditemukanya internet.

Lulusan Bronx High School of Science, Kleinrock lahir di kota New York. Pendidikan formal sarjana ia dapatkan di City College of New York pada tahun 1957 dan menerima gelar sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer.

Kemudian dua tahun berselang, tahun 1959 Kleinrock berhasil menyelesaikan studi masternya dan memperoleh gelar master tekhnik elektro dan juga ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts. Di kampus yang sama, Kleinrock berhasil mendapatkan gelor doktor tekhnik elektro dan juga ilmu komputer. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:06
03:27
02:55
04:42
04:28
Viral