Ilustrasi munculnya jerawat di wajah.
Sumber :
  • Freepik

5 Cara Mencegah Jerawat yang Paling Ampuh, Tanpa Perlu Skincare Mahal Hanya dengan Melakukan ini

Minggu, 1 Januari 2023 - 13:30 WIB

Jakarta – Kemunculan jerawat seringkali membuat resah. Pasalnya, bukan hanya mengganggu penampilan, kehadiran jerawat juga memunculkan rasa sakit di kulit. Karena itu, tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mencari cara mencegah jerawat.

Mencegah jerawat memang terbilang lebih tepat dibandingkan mengatasi. Pasalnya, hadirnya jerawat berisiko menimbulkan bekas yang membuat kulit jadi terlihat belang-belang. Karena itu, cara mencegah jerawat terbilang lebih dibutuhkan dibandingkan mengobati.

Sejauh ini ada 5 cara mencegah jerawat di wajah yang bisa dilakukan semua orang. Perlu diketahui kalau cara-cara ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Ini dia cara-cara jitu mencegah jerawat yang bisa dilakukan semua orang.

Rutin mencuci muka

Cara mencegah jerawat pertama yang harus dilakukan adalah rutin mencuci muka. Langkah awal ini merupakan langkah terpenting karena salah satu penyebab jerawat muncul adalah kebersihan kulit yang kurang terjaga.

Kotoran, sel kulit mati, minyak, atau sebum yang menumpuk di wajah berisiko menyumbat pori-pori kulit. Hal inilah yang nantinya menjadi pemicu tumbuhnya jerawat diwajah. Untuk itu, cara mencegah jerawat yang paling tepat adalan membersihkan wajah 2 kali sehari.

Jangan sembarangan memegang wajah

Terkadang ada rasa gemas yang muncul untuk sekadar memegang-megang wajah sendiri. Meski begitu, sebaiknya hal ini tidak dijadikan kebiasaan karena menyentuh wajah dengan tangan kotor berisiko menyebabkan jerawat.

Hal ini karena tangan yang kotor umumnya dipenuhi bakteri yang menempel dan bisa berisiko menyebabkan kulit jadi jerawatan. Bukan itu saja, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mengucek mata atau menopang pipi dengan tangan yang kotor.

Dengan cara tersebut, kulit wajah akan terbebas dari risiko berjerawat akibat disentuh dengan tangan kotor.

Lakukan pola makan sehat

Munculnya jerawat ternyata tidak hanya terjadi karena faktor dari luar saja, namun juga dari dalam. Ya, mengonsumsi makanan sembarangan ternyata lebih berisiko menyebabkan wajah jadi berjerawat.

Cara mencegah jerawat yang benar adalah menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan berlemak. Sebagai gantinya, perbanyaklah mengonsumsi buah, sayuran, serta makanan yang mengandung omega-3.

Gunakan kosmetik yang sesuai jenis kulit

Cara mencegah jerawat selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan kosmetik yang tepat. Pastikan dalam pemilihan kosmetik juga memperhatikan kandungan dalam produk. Untuk mencegah jerawat sebaiknya pilih produk yang berlabel non-comedogenic dan tidak berbahan dasar minyak.

Selaom itu juga ketika akan menggunakan kosmetik selalu cek tanggal kedaluwarsanya. Pasalnya, menggunakan kosmetik yang kedaluwarsa berisiko membuat wajah jadi bermasalah, salah satunya memunculkan jerawat.

Kelola stres dengan baik

Jangan salah, ternyata penyebab wajah berjerawat bukan hanya karena skincare atau produk-produk kecantikan saja. Stres ternyata juga bisa menjadi pemicu kemunculan jerawat, meskipun tidak berdampak langsung.

Umumnya ketika seseorang stres maka akan sulit tidur yang berisiko meningkatkan hormon kortisol. Hormon ini berisiko memicu peradangan pada tubuh dan bisa juga merusak struktur serta fungsi kulit.

Untuk itu, cara mencegah stres terbaik adalah belajar untuk mengendalikan stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stres mulai dari meditasi, berolahraga, hingga traveling.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah wajah berjerawat. Ternyata memiliki wajah yang terhindar dari jerawat cukup mudah, bukan? (Lsn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral