Proses pengolahan popok bayi.
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Kelompok Swadaya Mandiri di Bantul Olah Limbah Popok Bayi Jadi Aneka Kerajinan

Rabu, 11 Januari 2023 - 12:30 WIB

Bantul, DIY - Limbah  popok bayi selama ini menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup besar. Sehingga limbah ini membawa masalah yang cukup pelik. Namun secara perlahan ada solusi untuk penanganan masalah limbah popok bayi tersebut.

Kelompok Swadaya Mandiri ( KSM ) Pilah berkah dari Imogiri Bantul Yogyakarta yang selama ini berkecimpung dalam pengolahan limbah sampah kini melakukan terobosan yakni mengolah sampah popok bayi menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sehat.

Namun jangan khawatir, hasil kerajinan dari limbah popok bayi sudah melalui uji laboratorium sehingga aman untuk digunakan.

KSM Pilah Berkah yang beralamat di Tegal Paduresan Imogiri Bantul Yogyakarta ini berhasil mengolah limbah popok bayi untuk kerajinan isian antal, boneka, vas bunga, pot tanaman hingga gantungan kunci.

Yekti Murwani ketua KSM Pilah Berkah mengatakan ide awal penggunaan limbah popok bayi ini  karena mereka resah dengan sampah popok bayi yang ditemukan di aliran sungai dan di tempat pengumpulan sampah. Pengolahan ini telah dilakukan sejak tahun 2017.

Foto: Hasil produksi limbah popok bayi. (Santosa Suparman)

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral