Kanker serviks.
Sumber :
  • Freepik

Gejala Kanker Serviks Jarang Disadari, Bio Farma Luncurkan CerviScan HPV-hr qPCR Diagnostic Kit Untuk Deteksi Dini

Selasa, 24 Januari 2023 - 15:27 WIB

Jakarta – Selain kanker payudara, kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi wanita di Indonesia. Dilansir dari laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalikan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hampir 95% kanker serviks pada wanita disebabkan oleh virus HPV atau human papilloma virus.

Kanker serviks menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak menelan korban. Sayangnya, jenis kanker ini umumnya baru diketahui keberadaannya setelah memasuki stadium lanjut. Padahal pada stadium lanjut kanker lebih sulit diatasi dibandingkan saat masih stadium awal.

Karena itu, pastikan untuk mendeteksi gejala kanker serviks sedini mungkin agar tidak terlambat. Berikut ini gejala kanker serviks yang jarang untuk diperhatikan banyak orang.

Keputihan yang tidak biasa

Keputihan sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Namun jika keputihan terjadi disertai dengan bau amis, tekstur yang kental, dan terlihat darah sebaiknya diwaspadai. Pasalnya, hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari kanker serviks.

Dilansir dari Hellosehat, umumnya keputihan yang menjadi ciri-ciri kanker serviks memiliki warna yang cenderung merah muda ataupun agak kecokelatan. Hal tersebut terjadi karena ada potongan jaringan atau yang biasa disebut nekrotik, keluar melalui vagina.

Pendarahan tidak normal

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral