Sholat dhuha.
Sumber :
  • Freepik

Amalan Anti Miskin, Tata Cara Sholat Dhuha dan Doa-doa Khusus Agar Jumat Berlimpah Keberkahan

Jumat, 24 Februari 2023 - 04:41 WIB

tvOnenews.com – Pada hari Jumat yang penuh berkah ini, awali aktivitas di pagi hari dengan melakukan sholat dhuha.

Jangan disepelekan, meskipun sunnah namun sholat dhuha memiliki beberapa keutamaan. Sholat ini kerap disebut sebagai bentuk lain dari sekedah.

Sedangkan waktu pelaksanaan sholat dhuha adalah menjelang tengah hari sejak naiknya matahari dan sudah terasa panas hingga menjelang waktu sholat dzuhur. Jika mengukur dengan jarum jam, maka sholat dhuha bisa dilaksanakan sekitar pukul tujuh hingga sebelum waktu sholat dzuhur.

Melaksanakan sholat dhuha akan memberikan beberapa keutamaan, salah satunya dicukupi kebutuhan hidupnya. Hal ini disampaikan oleh Abu Darda, ia berkata bahwa Rasulullah SAW menjelaskan hadist Qudsi, Allah SWT berfirman:

يا ابنَ آدمَ اركعْ لي من أولِ النهارِ أربعَ ركَعاتٍ أكْفِكَ آخِرَه 

Artinya: "Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi)

Bahkan, saking besarnya pahala sholat dhuha, Rasulullah SAW menyamakan ibadah ini dengan bersedekah.

Hadits riwayat Abu Dzar RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: "Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. 

Tata cara sholat dhuha dari awal hingga akhir

Dilansir dari buku Keberkahan Sholat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari karya Ustadz Arif Rahman, berikut merupakan tata cara melaksanakan sholat dhuha.

1. Niat sholat dhuha.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral