Anyang Pakis Khas Melayu Deli Kerap Diburu Saat Ramadan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina

Rekomendasi Menu Buka Puasa, Anyang Pakis Khas Melayu Deli Kerap Diburu Saat Ramadan

Kamis, 9 Maret 2023 - 12:13 WIB

Medan, tvOnenews.com - Anyang pakis, menu pelengkap yang satu ini kerap diburu warga Kota Medan jelang berbuka puasa. Lebih menarik lagi, menu berbuka yang satu ini hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan saja.

Siapa yang tak kenal Anyang Pakis, sekilas Anyang Pakis ini mirip dengan sayur urap asal Jawa. Namun, jika dicicipi ada sedikit perbedaan dari kedua menu sayuran khas Melayu Deli tersebut. 

Berbahan dasar sayur pakis muda dan tauge, kedua bahan tersebut direbus lalu ditiriskan. Kemudian kelapa setengah tua yang telah diparut, dicampur ebi, ketumbar dan kemiri. Selanjutnya disangrai hingga benar-benar kering hingga berwarna kecokelatan.

Sementara itu bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan kunyit dihaluskan untuk dicampurkan bersama kelapa yang telah disangrai terlebih dahulu. Perpaduan bumbu halus dan wanginya kelapa sangrai bercampur ebi, menghasilkan aroma gurih yang menggugah selera Anda.

Selanjutnya kelapa sangrai yang sudah berbumbu dicampur menjadi satu di dalam wadah bersama pakis dan tauge yang sudah ditiriskan. Harumya kelapa sangrai dan wanginya ketumbar bercampur ebi berpadu mengeluarkan aroma kenikmatan.

Irisan cabai merah, daun jeruk purut dan bawang merah semakin menambah keharuman olahan sayur pakis khas Melayu Deli ini. Irisan bawang merah dipercaya dapat mengurangi angin di dalam lambung setelah sehari berpuasa.

Menu sajian khas Melayu Deli ini terkenal dengan kelezatannya. Rasa manis terdapat dari pakis muda yang segar, ebi yang gurih, dan harum aroma kelapa sangrai, membuat anyang pakis memiliki kelezatan yang nyaris sempurna. Buliran jeruk nipis pun menambah aroma kesegaran saat hendak disantap.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral