Ilustrasi Orang sedang Berwudhu.
Sumber :
  • envato element

Cara Menyempurnakan Wudhu

Kamis, 9 Maret 2023 - 12:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wudhu merupakan aktivitas ibadah yang dilakukan oleh seseorang untuk mempersiapkan diri ketika hendak salat. Dalam pengertian lain, wudhu biasanya disebut sebagai proses membersihkan tubuh dari hadas kecil. Berwudhu sebelum salat memiliki hukum wajib bagi setiap Muslim.

Menurut Imam Durori dalam Buku Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat Awam, dijelaskan bahwa ketika hendak menjalankan shalat, atau ketika hendak memegang mushaf al-Qur'an, atau ketika hendak melaksanakan thowaf di Baitullah, seorang muslim atau pun muslimah haruslah dalam keadaan suci dari hadats besar dan hadats kecil.

Apabila ada air, atau diperbolehkan terkena air, serta mampu bersuci dengan air, maka untuk bersuci dari hadats besar dan atau hadats kecil tersebut haruslah dengan air. Namun pastikan air yang digunakan haruslah memenuhi syarat untuk dipakai bersuci.

Cara menghilangkan hadas besar adalah dengan cara mandi besar dan untuk menghilangkan hadats kecil adalah dengan cara wudhu. 

Empat Anggota Tubuh yang Wajib Dibasuh

Dalam Al Quran dijelaskan ada empat anggota tubuh yang wajib dibasuh saat berwudhu. Seperti yang tercantum dalam surat Al Maidah ayat 6.

Bagian anggota tubuh yang diwajibkan dibasuh saat berwudhu, tercantum dalam firman Allah SWT, Surat al-Maidah ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral