Bubur Pedas khas Melayu Deli..
Sumber :
  • Tim Tvone/Martinus

Bubur Pedas Khas Melayu Deli, Kuliner Khas Buka Puasa di Masjid Al-Osmani

Sabtu, 11 Maret 2023 - 18:43 WIB

Medan, tvOnenews.com - Sumatera Utara memiliki beragam kuliner, apalagi saat disajikan sebagai menu berbuka puasa, salah satunya bubur pedas khas melayu.

Bubur pedas dengan olahan rempah, daun jambu, irisan daging dan anyang pakis, menjadi menu khas berbuka puasa di Masjid Al Osamani, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. 

Makanan khas Melayu itu hanya tersaji saat bulan Ramadhan saja. Sejak masa Kesultanan Deli, bubur pedas dibuat dan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid. 

Namun jika ingin menikmati sajian bubur pedas, anda harus datang setiap hari Kamis, karena bubur pedas hanya dibuat seminggu sekali.

"Tradisi berbuka puasa bersama memang sudah jadi tradisi dan rutin kita lakukan dari tahun ke tahun. Dan kita buat bubur pedas yang merupakan menu khas dari Masjid Al-Osmani," ujar Ketua Kenaziran Masjid Al Osamani, Ahmad Faruni.

Tradisi berbuka bersama dengan bubur pedas sudah dilakukan sekitar tahun 1870an. Bubur pedas adalah makanan para raja pada masa itu, yang biasanya diolah pada kegiatan-kegiatan tertentu atau saat meyambut para tamu kerajaan.

Biasanya bubur pedas akan disajikan dengan tambahan anyang pakis. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral