Masyarakat Kudus antusias menyambut tradisi Dandangan jelang Ramadhan (Dok.Pemkab Kudus).
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Tradisi Dandangan Sambut Ramadan Kembali Digelar, Ajang Promosi Produk UMKM Kudus

Senin, 13 Maret 2023 - 12:05 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Setelah berhenti selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, tradisi Dandangan di Kabupaten Kudus kembali digelar untuk pertama kalinya. Selain menjadi tradisi masyarakat Kudus jelang Ramadhan, dandangan juga sebagai ajang promosi produk-produk UMKM lokal di Kabupaten Kudus.

Dibuka secara langsung oleh Bupati Kudus HM. Hartopo di depan Kantor Bupati Tradisi Dandangan digelar sejak hari Sabtu tanggal 11 sampai hingga 22 Maret mendatang. Kemeriahan semakin terasa karena antusias masyarakat menyambut gembira tradisi tahunan jelang bulan Ramadhan itu.

Hartopo mengungkapkan bahwa tradisi dandangan tahun ini berbeda dengan tahun terdahulu. Pasalnya, dandangan yang diselenggarakan kali pertama usai landainya pandemi ini, Pemkab Kudus memberikan fasilitas tempat tambahan untuk stand pedagang dan area bermain di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

"Biar masyarakat senang, alun-alun boleh ditempati. Kerinduan selama 3 tahun terdampak pandemi, kini terbayarkan dengan gebyar dandangan dari Menara nyambung sampai alun-alun," ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan, tradisi dandangan juga sebagai ajang promosi produk-produk UMKM lokal di Kabupaten Kudus. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar produk UMKM lokal dapat dikenal luas di momentum Dandangan ini.

"Harapannya produk UMKM kita dapat dikenal masyarakat luas, salah satunya melalui tradisi dandangan ini," harapnya.

Untuk prioritas pedagang, Bupati Hartopo mengatakan bahwa sebanyak 75 persen di isi oleh pelaku UMKM lokal. Sisanya diberikan pada pelaku UMKM luar daerah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral