Kyai Haji Ahmad Dahlan.
Sumber :
  • Dok. Museum Kebangkitan Nasional Ditjen Kebudayaan Kemendikbud

Sosok Sang Pencerah Kyai Haji Ahmad Dahlan 

Sabtu, 18 Maret 2023 - 04:30 WIB

tvOnenews.com - Malam itu, di tahun 1883, rumah Kyai Haji Abu Bakar di Kampung Kauman Yogyakarta, ramai didatangi kerabat dan masyarakat sekitar. Mereka datang untuk mendoakan putra Kyai Abu Bakar, Muhammad Darwis, yang akan melakukan perjalanan panjang menuju tanah suci Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

Pada masa itu, perjalanan spiritual berhaji menunaikan rukun Islam ke lima itu bukan sesuatu yang mudah. Muhammad Darwis, putra kebanggaan Kyai Abu Bakar itu akan melakukan perjalanan panjang yang berliku, dan barangkali saja nyawa akan menjadi taruhannya.

"Berkat bantuan biaya dari kakak iparnya yang bernama Kyai Haji Soleh, Muhammad Darwis berangkat ke Mekkah. Pagi harinya Muhammad Darwis diiring oleh masyarakat berjalan menuju stasiun Tugu untuk naik kereta api tujuan Semarang." tulis Nur Khozin dan Isnudi, dalam Biografi Kyai Haji Ahmad Dahlan, Diterbitkan oleh Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
 
Saat di Semarang, kedatangan Muhammad Darwis disambut oleh kerabat lainnya yang sudah menyiapkan pondokan untuk istirahat selama menunggu keberangkatan dengan kapal.

Perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal dagang Tiongkok 
dari pelabuhan Semarang menuju Singapura. Dua hari setelah pelayaran kapal sampai ditempat tujuan. 

Kedatangan Muhammad Darwis disambut oleh Syekh Abdul Kahar, yang kemudian mengajaknya untuk menginap di pondokan Kampung Jawa selama lima hari (Nugraha, 2009: 21). 

"Muhammad Darwis melanjutkan perjalanan menuju Mekkah dengan 
menumpang kapal Mispil yang berangkat menuju Eropa melalui Aden dan Jedah. Setelah melalui Laut Merah kapal sampai di pelabuhan Jedah." tulis Nur Khozin dan Isnudi.

Sejarah kemudian mencatat, dari perjalanan spiritual menuju Mekah ini pula, Muhammad Darwis kemudian belajar banyak hal di Mekah, dengan para ulama-ulama ternama dan kemudian pulang dan menjadi seorang ulama pembaharu yang mendorong kemajuan umat Islam di tanah air.


Ulama dari Kauman Yogyakarta

Tokoh muslim KH Ahmad Dahlan lahir dengan nama Muhammad Darwis di Kampung Kauman Yogyakarta pada 1 Agustus 1868. Kampung Kauman adalah sebuah pemukiman pendudukan yang berada dalam kawasan njeron benteng atau kawasan dalam kompleks keraton Yogyakarta. Kebanyakan dihuni oleh para abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral