Warga Makan Nasi Liwet Bersama Sambut Ramadhan.
Sumber :
  • Martinus

Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Makan Bersama Nasi Liwet Khas Suku Jawa Pakai Daun Pisang

Minggu, 19 Maret 2023 - 06:42 WIB

Medan, tvOnenews.com - Jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, puluhan warga di Kecamatan Medan Helvetia melaksanakan tradisi menikmati nasi liwet pada acara makan bersama di atas daun pisang, Sabtu malam (18/3/2023).

Makan nasi liwet merupakan salah satu tradisi Jawa Barat yang dilakukan bukan hanya untuk menjaga tali persaudaraan, namun juga kegiatan tahunan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Dengan lauk pauk yang sederhana seperti nasi urap, ikan asin, kerupuk dan lalapan yang dipadukan sambal cabai, menjadi teman makan nasi liwet yang sangat menggugah selera.

Salah seorang warga Dina Mariana, menyatakan, meski berada di Sumatera Utara, namun kegiatan tahunan yang dilakukan warga memberikan rasa kebersamaan antara orang dewasa dan anak-anak saat melakukan santapan yang telah dihidangkan di atas daun pisang sepanjang 10 meter.

“Rangkaian kegiatan ngaliwet bareng merupakan rangkaian program kegiatan rutin warga setahun sekali, biasanya dilakukan jelang bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, dapat menjaga tali persaudaraan,” ucap Dina. (Mss/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral