pengasuh pondok pesantren Zainal Abidin Bungah Gresik, KH. Ali Musthofa saat memberikan tausiah pada para santrinya jelang bulan suci Ramadhan 1444 hijriah..
Sumber :
  • tvOne - m habib

Pentingnya Menjaga Lisan dari Perkataan Buruk dan Memperbanyak Sedekah saat Bulan Suci Ramadhan

Senin, 20 Maret 2023 - 13:23 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah akan segera tiba. Umat muslim dunia dan di Indonesia khususnya di kota santri Gresik Jawa Timur, menyambut dengan suka cita dengan mempersiapkan segala sesuatunya, untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah serta maghfiroh tersebut. 

Nah tentunya, ada banyak amal ibadah yang baik dilakukan oleh umat muslim sebelum memasuki bulan suci ramadhan dan saat menjalankan ibadah puasa untuk mempertebal keimanan dan mendapatkan pahala yang melimpah serta keridhoan dari Allah Subhanahu Wata' ala.

Seperti halnya amalan-amalan baik yang disampaikan dalam tausiah pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Zainal Abidin, Bungah Gresik, KH. Ali Musthofa menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 hijriah.

1. Menjaga Lisan

Bulan suci ramadhan menjadi momentum umat muslim untuk membersihkan diri dari segala macam kotoran hati, termasuk segala perbuatan maupun perkataan buruk. Seperti mencela dan ghibah. Sehingga, disarankan agar umat islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan menjaga lisan dari segala perkataan buruk.

Ada pepatah Arab mengatakan, ﺳﻼﻣﺔ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ (keselamatan seseorang tergantung pada lisannya).

Hanya dengan sebuah kata- kata terkadang seseorang bisa menolong orang lain. Dengan kata-kata pula seseorang bisa menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain. Bahkan dalam rangka menjaga lisan ada sebuah hadist Rasulullah yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari. Hanya ada 2 fungsi lisan yakni untuk berkata yang baik atau diam saja.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral