Lempah Kuning merupakan kuliner khas warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Frendy

Bangka Belitung Punya Lempah Kuning, Hidangan Primadona Berbuka Puasa, Ini Resepnya

Rabu, 22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Pangkalpinang, tvOnenews.com - Lempah Kuning merupakan kuliner khas warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dapat diolah dengan beragam jenis ikan. 

Tentunya di lidah warga pulau Bangka, lempah kuning menghasilkan citarasa yang nikmat sehingga terus disajikan termasuk di bulan puasa.

Dengan bahan rempah utama kunyit dan terasi, lempah kuning disantap dengan cara merebus ikan segar bersama beragam rempah-rempah.
 
Selain ikan segar, protein utama lempah kuning juga bisa diganti dengan udang, cumi, kepiting, ayam, sapi maupun kambing.
 
Proses pengolahannya pun cukup gampang, diawali dengan menyiapkan tumbukan rempah berupa kunyit, terasi, cabai rawit, asam jawa, gula, garam serta penyedap rasa.
 
Setelah bumbu menyatu, kemudian rebus bumbu kedalam air hingga mendidih, lalu masukkan protein berupa ikan sampai matang, jangan lupa taburi daun kemangi saat dihidangkan.
 
Lempah kuning memiliki citarasa asam asin pedas gurih dan segar, dijamin siapa pun yang mencicipinya akan ketagihan.
 
"Puasa pun kami masak lempah kuning, buat sendiri di rumah bisa, makan di warung saat berbuka juga bisa," ungkap warga Pangkalpinang, Yusmiati.(FPA/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral