Roti ganjel rel ditata jadi replika masjid, menjadi buruan warga pada acara dugderan, Selasa (21/3/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Tradisi Dugderan Sambut Ramadhan di Semarang, Ribuan Orang Padati Halaman Masjid Kauman

Rabu, 22 Maret 2023 - 17:00 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Rangkaian acara menyambut bulan suci Ramadhan digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pada Selasa (21/3) sore kemarin ribuan warga memadati jalan protokol dari Balaikota Semarang menuju Masjid Besar Kauman untuk menyaksikan prosesi arak - arakan dugderan. 

Tradisi yang sudah berjalan selama ratusan tahun tersebut untuk mengumumkan hari pertama Ramadhan kepada masyarakat. Setelah arak - arakan kemarin, dilanjutkan pengumuman masuknya bulan Ramadhan pada hari ini, Rabu (22/3) dengan bunyi sirine di Masjid Besar Kauman

Wali Kota Semarang Hj. Hevearita Rahayu yang memerankan Bupati Semarang masa lalu, menaiki kereta kuda dari Balaikota Semarang menuju Masjid Besar Kauman. Arak - arakan ini diikuti puluhan kereta kuda lainnya di belakang.

Selama perjalanan, ribuan warga menyambut di tepi jalan sekaligus melihat prosesi pawai yang sudah tiga tahun tidak mereka saksikan karena pandemi.

Sesampai di Masjid Kauman, rombongan disambut oleh ulama dan ribuan warga yang sudah berkumpul. Selanjutnya, umaro dan ulama melakukan rapat atau sidang di serambi Masjid Kauman untuk membahas hasil sidang isbat terkait penentuan hari pertama bulan Ramadhan. Hasilnya kemudian diberikan kepada umaro dan diumumkan langsung di depan masyarakat yang hadir.

Menurut ketua takmir Masjid Besar Kauman, dugderan ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan di Masjid tersebut. Dinamakan dugderan, karena pada saat pengumuman, ditandai dengan bunyi bedug dug dan bunyi meriam der. Jika digabungkan maka jadi dugder. Masyarakat pun kemudian menyebutnya tradisi dugderan.

Dalam tradisi ini juga disediakan air khataman Alquran dan roti ganjel rel yang dibagikan kepada warga. Roti tersebut mengandung filosofi bahwa memasuki Ramadhan segala yang mengganjal di hati harus dilepas, dan memasuki bulan Ramadhan dengan rela atau iklhas menjalankan ibadah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral