Warga Kabupaten Bandung membersihkan karpet masjid di sepanjang aliran Irigasi Cibeureum, Sungai Ciwidey, Senin (20/3/2023)..
Sumber :
  • Suhendar/tvOne

Tradisi Menyambut Ramadhan, Puluhan Warga Ramai-ramai Mencuci Karpet Mesjid di Aliran Irigasi Cibeureum

Kamis, 23 Maret 2023 - 01:00 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Jelang datangnya Bulan Suci Ramadhan banyak tradisi unik yang dilakukan warga, salah satunya di Kabupaten Bandung.

Di sini setiap tahunnya warga berbondong-bondong datang ke aliran irigasi Cibeureum, Sungai Ciwidey, Desa Sadu, Kecamatan Soreang untuk mencuci karpet masjid sebagai tradisi menyambut tibanya bulan suci Ramadhan.

Tradisi mencuci karpet masjid sebelum Ramadhan ini, konon telah berlangsung puluhan tahun lalu.

Warga yang mencuci karpet di aliran irigasi Cibeureum ini pun bukan hanya dari masjid yang ada di sekitar Soreang saja, tapi dari berbagai kecamatan lainnya.

Bahkan ada juga dari masjid-masjid yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi, hingga Kabupaten Bandung Barat.

Air irigasi Cibeureum yang cukup besar dan bersih, menjadi alasan mengapa warga rela datang jauh-jauh hanya untuk sekedar mencuci karpet masjid.
 
Dengan membawa alat cuci, seperti sikat dan sabun, orang-orang nampak sibuk menggosok dan membilas karpet masjid yang rata-rata panjangnya lebih dari 5 meter itu.
 
Usai digosok dan dibilas, karpet-karpet yang telah bersih, dibentangkan untuk dijemur di atas pagar hingga di samping irigasi yang lumayan luas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral