Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

Kumpulan Doa Memasuki Bulan Ramadhan 2023 Sesuai Sunnah: Arab, Latin, dan Terjemahan

Kamis, 23 Maret 2023 - 02:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ramadhan merupakan bulan suci yang paling dinanti dengan banyaknya keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Karenanya, kaum Muslimin di seluruh dunia sangat antusias dalam menyambut Ramadhan. Berikut doa memasuki bulan Ramadhan.

Dikutip dari situs MUI, Rabu (22/3/2023), ada beberapa doa memasuki bulan Ramadhan yang patut dilafalkan. Di antaranya, doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW ketika melihat hilal:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu akbar, Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imaani, wassalaamati wal islaami, wattaufiii limaa tuhibbu wa tardha, rabbunaa wa rabbukallahu.

Artinya: “Allah Mahabesar, Ya Allah tampakkan hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, serta taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR ad-Darimi no 1729, hadits serupa dengan sedikit perbedaan redaksi juga diriwayatkan Ahmad dan at-Tirmidzi)

Selain doa tersebut, ulama hadits kenamaan, Imam ath-Thabarani (w 360 H) dalam Kitab ad-Du’a di salah satu babnya, mengumpulkan sejumlah riwayat berisi doa-doa memasuki bulan Ramadhan.

Pertama, dari ‘Ubadah bin ash-Shamith RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajari para sahabat doa berikut saat Ramadhan tiba:

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
04:33
03:48
05:06
00:54
05:57
Viral