Bubur samin yang disajikan di Masjid Darussalam, Jayengan, Solo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Efendi Rois

Tradisi Bubur Samin di Masjid Darussalam, Menu Berbuka Puasa Khas Banjar yang Digemari Warga Solo

Kamis, 23 Maret 2023 - 22:58 WIB

Solo, tvOnenews.com - Bubur Samin adalah bubur khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Saat bulan Ramadhan, bubur ini menjadi primadona menu berbuka puasa bagi warga di Masjid Darussalam, Jayengan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Masjid yang berada di Jl. Gatot Subroto, No. 161 ini setiap Ramadhan selalu menyiapkan kuliner khas bubur Samin, untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Sehabis Ashar warga mulai mengantre untuk mendapatkan bubur samin.

Warga yang datang untuk mencicipi bubur samin berasal dari Solo maupun luar Solo. Mereka terlihat tertib antre dengan membawa rantang untuk tempat bubur. Bubur samin ini disukai warga karena diolah dengan rempah-rempah sehingga ketika dimakan membuat badan hangat.

Salah satu warga Gajahan, Rina, mengaku datang ke Masjid Darusalam sebelum salat Ashar untuk mendapatkan bubur samin sebagai menu berbuka puasa. 

"Tahun kemarin iseng aja kesini habis sholat ashar. Ternyata sudah habis, tanya takmir harusnya antri sebelum sholat ashar. Bubur inikan khusus di buat saat bulan Ramadhan saja. Buat berbuka puasa, kalau sahur ya ndak enak," ungkap Rina. 

Antrean warga membawa rantang untuk tempat bubur. (Efendi Rois)

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral