Ustazah Oki Setiana Dewi.
Sumber :
  • Instagram @okisetianadewi

Amalan-amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan, Ini Penjelasan Ustazah Oki Setiana Dewi

Jumat, 24 Maret 2023 - 11:22 WIB

tvOnenews.com - Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat muslim di dunia, mereka berbondong-bondong untuk melakukan kewajiban dan berbagai amalan untuk berlomba-lomba mencari pahala. Namun, bagi wanita, ada momen khusus yaitu haid atau menstruasi yang membuatnya dilarang untuk melakukan beberapa ibadah, seperti sholat, puasa, dan thawaf.

Lantas amalan apa saja yang bisa dilakukan oleh para wanita yang sedang haid untuk memaksimalkan bulan Ramadhan? Ustadzah Oki Setiana Dewi melalui kanal youtubenya membagikan beberapa tipsnya:

1. Membaca Al Quran

Bulan Raamadhan juga identik dengan bulan Al Quran, para umat muslim berlomba untuk menamatkan bahkan menghafalkan Al Quran di bulan puasa. Sejumlah masjid atau musholla juga seringkali memutar audio tadarus menjelang waktu berbuka.

“Bahwa Rasulullah SAW, setiap bulan suci Ramadhan selalu tadarus, membaca Al Quran bersama dengan malaikat Jibril,” tuturnya.

Bagi wanita yang sedang haid bisa mengamalkan ibadah dengan membaca Al Quran, namun,

mereka tidak boleh menyentuh Al Quran secara langsung kecuali menggunakan sarung tangan atau kain yang dapat mencegah tersentuhnya anggota tubuh dengan Al Quran.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral