hiasan pernak-pernik Ramadhan ramai diburu warga Surabaya.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Ciptakan Suasana Khusyuk saat Ibadah, Ini yang Perlu Dilengkapi saat Ramadhan Tiba

Sabtu, 25 Maret 2023 - 15:19 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah tahun ini, terasa berbeda dari 3 tahun sebelumnya, karena seluruh umat muslim dapat menyelenggarakan rangkaian ibadah puasa tanpa dikekang oleh pembatasan sosial Covid-19 yang telah ditiadakan oleh pemerintah. Menyemarakkan momen Ramadhan yang istimewa di tahun ini, beragam pernak-pernik Ramadhan hingga hiasan Idul Fitri yang dipajang di Pasar Atum Surabaya, setiap hari ramai diburu warga Kota Surabaya yang ingin manjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh khidmat tanpa pembatasan sosial.

Pernak-pernik yang ramai diburu diantaranya lampu lentera dengan hiasan lafal Al-Quran, sajadah, mukenah dan baju koko, hingga hiasan tempat Al Quran yang memukau bernuansa negeri 1001 malam.

Lampion
Hiasan lampion bukan hal baru lagi selama Ramadhan. Banyak hiasan lampion dipajang di sudut-sudut jalan, halaman rumah, atau bahkan di dalam rumah. Lampion berbentuk masjid atau icon Ramadhan marak dijual selama bulan suci Ramadhan. Selain mempercantik ruangan, lampion juga bisa jadi penambah kesan rumah yang hangat dan intim.

Kaligrafi
Bukan cuma lampion yang bisa makin memperindah ruangan, kaligrafi juga bisa jadi pilihan pajangan tepat saat Ramadhan. Berbagai macam kaligrafi yang dibingkai dengan ukuran kecil, atau bahkan besar, untuk hiasan di dinding rumah atau dipajang di atas meja dengan Kaligrafi ayat suci Al-Quran atau Asmaulhusna, membuat Ramadhan menjadi khusyuk. Selain cantik dipandang, bisa juga jadi pengingat kita akan keutamaan ramadhan bagi yang mambacanya. 

“Bukan enggak mungkin, karena sering melihat pajangan kaligrafi kita jadi makin ingat untuk jalankan ibadah, terutama membaca Al-Quran,” ujar Fatima, salah satu pembeli.

Menurut Fitria, salah seorang pembeli di Pasar Atom, kaligrafi membangkitkan nilai spiritual selama sebulan beribadah. Tidak hanya niat yang harus dipersiapkan dengan baik, namun juga lingkungan dan kenyamanan rumah tinggal juga harus diperhatikan.
 
“Dengan tempat tinggal yang rapi dan nyaman, kegiatan ibadah kita juga jadi lebih khusyuk tentunya, nilai spiritual Ramadhan bersama seisi rumah, suami dan anak-anak, serta seluruh keluarga saat gelar sholat tarawih di rumah bisa terjaga deh,” tambahnya.

Mendekor rumah saat Ramadhan bisa dimulai dengan merubah tata letak barang-barang di rumah, dengan menambahkan berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan Ramadhan, seperti lampu lentera listrik dan ornamen lafal Al Quran tiga dimensi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral