Ketan Biru dan coro santan, kuliner khas khas Ramadhan di Semarang.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Manis Legit Ketan Biru dan Coro Santan Khas Semarang Rasanya Menggoyang Lidah, Coba Saja

Minggu, 26 Maret 2023 - 15:17 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Ketan Biru dan Coro Santan menjadi kuliner khas Semarang, Jawa Tengah yang ramai diburu saat bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang legit membuat kuliner khas Semarang ini bisa dijadikan menu berbuka atau takjil saat berbuka puasa.

Ketan warna biru ini memang khusus dibuat pada masa Ramadhan. Terutama oleh warga Kampung Bustaman, Kauman, Jurnatan, hingga, Johar Semarang. Pembuatan Ketan biru sudah menjadi tradisi warga setempat, saat Ramadhan, mereka membuatnya cukup banyak dan dijual di pusat keramaian seperti kawasan kuliner dan bazar Ramadhan.

Warna biru memang sudah menjadi tradisi sejak nenek moyang dulu. Jadi ia dan warga lainnya hanya meneruskan saja.

Jajanan ketan biru tampilannya cukup mencolok. Itu karena ketannya diberi pewarna makanan biru muda. Ada juga yang memakai bunga telang sebagai pewarna.

"Yang jelas warnanya menarik, dan kita membuatnya memakai pewarna makanan yang aman," jelas Hj. Shokanah di Pasar Kuliner Ramadhan 2023 Masjid Agung Kauman Semarang.

Untuk menikmatinya, ketan ditaruh saja di piring atau daun lalu dicocol dengan enten- enten. Nah, perpaduan ketan yang dikukus dengan santan hingga rasanya gurih, dengan enten-enten yang manis membuat kudapan ini terasa nikmat saat dikudap untuk buka puasa.

Harga enten-enten ini bervariasi, antara 5 - 10ribu rupiah. Ada juga yang pesan paketan dengan harga yang tentu saja menyesuaikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral