Masjid Babul Firdaus yang terletak di Jalan Kumala, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar..
Sumber :
  • Tim Tvone-Muhammad Noer

Masjid Babul Firduas, Masjid Tertua di Makassar Tempat Pertemuan Para Raja di Sulsel

Selasa, 28 Maret 2023 - 17:00 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Masjid Babul Firdaus merupakan salah satu masjid tertua di Kota Makassar Sulawesi Selatan. Masjid ini dibangun pada 1893 Masehi, sebagai tempat pertemuan para raja-raja di Sulsel.

Masjid Babul Firdaus yang artinya pintu surga Firdaus, terletak di Jalan Kumala, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

"Masjid Babul Firdaus dulu bernama Masjid Gowa Jongaya, yang dibangun Raja Gowa ke-34 I Makkulau Daeng Serang Karaeng Lembang Parang Sultan Husain Tumenanga ri Bundu’na pada tahun 1893," ujar Pengurus Masjid Babul Firdaus, Irwan Andi Mansyur.

Menurutnya Sultan Husain merupakan keturunan Sultan Hasanuddin yang mendirikan masjid tua di Kota Makassar yang usianya sudah mencapai 130 tahun tersebut.

Masjid tersebut menjadi tempat bertemunya para raja di Sulawesi Selatan seperti Raja Gowa, Raja Bone dan Raja Luwu. Keaslian bangunannya pun masih terawat dengan baik sejak tahun 1314 Hijriah. 

Hingga kini masjid ini masih mempertahankan bangunan aslinya. Pada bagian dalam masjid terdapat 12 tiang penyangga yang tingginya mencapai 12 meter.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral