Bubur Lambok Sajian Santapan Berbuka Puasa Khas Melayu.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Dedi Eka

Bubur Lambok Sajian Santapan Berbuka Puasa Khas Melayu Dumai Riau

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:00 WIB

Dumai, tvOnenews.com - Satu di antara makanan khas Melayu di Dumai yang selalu hadir dan disuguhkan saat berbuka puasa namanya bubur lambok idaman.

Bubur ini populer dan dikenal sebagai santapan khas Melayu jadi jangan heran jika menemukan bubur ini sebagai menu di momen Ramadhan seperti saat ini, masyarakat Dumai banyak menyantap bubur lambok sebagai kudapan berbuka puasa.
 
Bubur lambok idaman ini, merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Kaya akan rempah, tentunya sangat nikmat dan lebih baik dimakan dalam keadaan hangat sebagai ibadah berbuka puasa di bulan Ramadhan.
 
Bubur lambok idaman ini, selama bulan puasa banyak disiapkan masyarakat Dumai di sekitar areal Dumai Islamic Center (DIC) yang saat ini menjadi ciri khas ikonik selama Bulan Ramadhan 1444 H.


 
Bubur lambok idaman yang kaya rempah dan sehat sangat baik dikonsumsi saat perut kosong agar kerja usus tidak terlalu berat karena telah menjalankan puasa lebih kurang 12 jam.
 
Sedikit informasi bahan - bahan untuk membuat bubur lambok idaman terdiri dari beras‎, santan, bawang merah, bawang putih, jahe, bumbu rempah, merica, kayu manis dan kapulaga.
 
Setelah bubur masak, kemudian dicampurkan dengan ‎sayur pakis atau sayur kangkung, wortel, jagung pipil dan tambahan bawang goreng, daun sop atau bawang prei dan terakhir ikan teri untuk toppingnya
 
Selama Ramadhan masyarakat menyediakan 200 porsi bubur lambok idaman saat berbuka dan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.


 
"Nama bubur lambok sendiri memiliki makna bubur lembek dan idaman menuju kota," kata Rozali salah seorang warga, Selasa (28/3/2023).
 
"‎Bubur lambok idaman diproduksi oleh UMKM di Dumai merupakan wujud sinergi dalam membangkitkan UMKM kita," tuturnya.
 
"Jadi silakan berwisata religi sambil menikmati bubur lambok idaman ke sekitar areal Dumai Islamic Centre masjid yang baru saja di resmikan oleh Wali Kota Dumai Paisal.(dep/lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral