Legen Minuman Tradisional khas Tuban untuk Berbuka Puasa.
Sumber :
  • tim tvone - hartono

Hmm.. Segernya Legen, Minuman Tradisional Khas Tuban untuk Berbuka Puasa, Kaya Pula Manfaatnya

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:52 WIB

Tuban, tvOnenews.com - Minuman tradisional legen, bisa menjadi salah satu referensi pelepas dahaga saat berbuka puasa. Legen didapat dari hasil sadapan getah pohon siwalan, yang banyak tumbuh di perbukitan kapur Kabupaten Tuban. 

Salah satu daerah penghasilnya adalah Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Oleh para petani, setiap tetes getah pohon siwalan ditampung dalam sebuah wadah yang akan diambil pada pagi dan sore hari.

Tanpa proses tambahan, cairan getah yang terkumpul langsung bisa dikonsumsi. Sepintas legen memang berwarna agak keruh. Namun bukan berarti minuman ini tidak layak konsumsi. Pasalnya legen yang berwarna keruh dan berbusa seperti ini adalah kualitas asli tanpa campuran air maupun pemanis buatan.

Jais, petani sekaligus penjual legen di desa setempat mengatakan, datangnya bulan suci Ramadhan, menjadi berkah bagi petani dan penjual legen. Jika hari biasanya mereka hanya mampu menjual 10 botol legen per hari, sementara pada bulan puasa, mereka mampu menjual 25 botol per hari.

“Kalau puasa ini pasti habis mas. Ambil berapapun habis. Biasanya hanya 10 botol sehari, saat ini 25 botol habis,” jelasnya. 

Bahkan, setelah beberapa hari masuk bulan puasa ini, para pembeli harus memesan terlebih dahulu. Jika tidak, dapat dipastikan tidak kebagian. Per botol legen, dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja.

“Puasa ini kalau nggak pesen dulu nggak kebagian mas, karena orang yang beli semuanya pesan dulu, takut nggak kebagian,” tegas Jais.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral