Masjid Sabilurrosya'ad peninggalan Panembahan Bodho di Bantul, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Masjid di Bantul Ini Berusia 538 Tahun, Peninggalan Panembahan Bodho Murid Sunan Kalijaga

Kamis, 30 Maret 2023 - 15:40 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Sejumlah masjid di wilayah Bantul, Yogyakarta memiliki sejarah yang menarik dan berusia ratusan tahun. Salah satunya Masjid Sabilurrosya'ad di Dusun Kauman, Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Bantul.

Masjid ini sejak dulu lebih dikenal dengan nama Masjid Kauman Wijirejo, sebuah masjid peninggalan Panembahan Bodho atau Raden Trenggono, cicit dari Raja Brawijaya V raja Mapahit. Selain usia masjid yang suah tua, di komplek masjid ini ada peninggalan jam Bancet atau jam matahari sebagai penentu waktu salat.

Kamituwo Kalurahan Wijirejo Pandak Bantul yang juga pengurus Takmir MAsjid, Haryadi menceritakan, bahwa Masjid Sabilurrosyad atau Masjid Kauman Wijirejo ini didirikan pada tahun 1485 Masehi oleh Panembahan Bodho atau Raden Trenggono salah satu murid dari Sunan Kalijaga

" Masjid ini  merupakan peninggalan Raden Trenggono usai mendalami agama Islam di bawah bimbingan Sunan Kalijaga. Masjid yang semula dibangun dengan ukuran 7x7 ini sudah beberapa kali mengalami pemugaran sehingga kini luasnya dua kali lipat dari semula," ungkap Haryadi saat ditemui di Masjid Sabilurrosyad, Rabu (29/3/2023).

Masjid Sabilurrosya'ad peninggalan Panembahan Bodho di Bantul, Yogyakarta. (Santosa Suparman).

Haryadi menambahkan, usia masjid ini sudah 500 tahun lebih. Ada beberapa bagian yang mengalami perubahan karena adanya pemugaran di zaman Belanda maupun terakhir tahun 1995 sampai dengan 1997. Sehingga bentuk asli masjid peninggalan Panembahan Bodho ini tidak tampak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral