Onde-onde.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kuliner Khas Onde-Onde, Nikmat untuk Berbuka Puasa Sambil Ngeteh

Jumat, 31 Maret 2023 - 10:06 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kuliner khas tradisional tak lekang ditelan zaman. Meski kuliner kekinian terus berkembang dengan variasi yang "neko-neko", tapi jajanan tradisional hingga kini masih tetap mendapat ruang di lidah penikmat kuliner. Terlebih saat bulan puasa Ramadhan seperti saat ini, yang mana kudapan laris manis untuk menu berbuka puasa.

Salah satunya adalah onde-onde. Ini adalah kuliner khas tradisional yang cukup populer di Indonesia terutama di Jawa. Bentuknya bulat, berisi kacang ijo, berlapis ketan, dan bertabur biji wijen. Teksturnya kenyal pada kulitnya, dan lembut pada bagian isinya.

Onde-onde menjadi salah satu kue tradisional yang banyak peminatnya saat menjelang waktu berbuka. Mereka rela antrean untuk membeli jajajan bulat ini. Seperti terlihat di pasar kuliner Ramadhan 2023 di Kauman, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tiap sore pembeli memenuhi kedai tenda penjual onde-onde. Penjual langsung menggorengnya di tempat ini sehingga pembeli pun bisa melihat langsung proses pembuatan onde-onde, sekaligus mendapatkan onde-onde fresh yang masih hangat.

Penjual onde-onde saat Ramadhan di Kauman Semarang. (Teguh Joko)

Onde-onde pada awalnya terbuat dari adonan tepung ketan yang dibuat untuk kulit, kemudian diisi kacang ijo dengan gula pasir. Tapi kemudian berkembang, dengan isian tak hanya kacang ijo tapi juga ada campuran keju, kelapa muda, coklat, dan strawberry.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral