Masjid Jamii' Jalaluddin yang berada di Dukuh Glinggang, Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Boyolali..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Masjid Jamii’ Jalaluddin di Kemusu Boyolali, Terbuat dari Kayu Jati Kuno dan Berusia Ratusan Tahun

Jumat, 31 Maret 2023 - 13:20 WIB

Boyolali, tvOnenews.com – Masjid Jamii’ Jalaluddin yang berada di Dukuh Glinggang, Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali merupakan masjid tua yang dan juga unik. Bangunan masjid ini dari lantai dan dindingnya terbuat dari kayu jati.

Masjid tersebut dibuat oleh seorang pemuka agama bernama Mbah Jalal. Namun warga dan keluarganya tidak mengetahui secara pasti kapan masjid ini didirikan.

Takmir masjid sekaligus cucu dari Mbah Sahal, M. Thoha, membenarkan jika masjid diteruskan oleh Jalal yang juga murid dari Sahal.

Dalam mencari kayu untuk bahan bangunan masjid juga tidak sembarangan mencari. Pencarian kayu harus berdasarkan mimpi yang dialami oleh Kyai Jalal. Setelah mendapatkan mimpi di suatu tempat, maka akan mencari di bawah tanah tersebut.

Sementara, salah satu cucu Mbah Jalal, Muhndori, mengungkapkan, Masjid Jamii’ Jalaluddin tersebut diperkirakan sudah berdiri dari tiga generasi dan sudah berusia ratusan tahun.

“Kurang lebih ya 200 tahun ada. Itu kurang lebih, kalau pastinya saya enggak tahu. Wong Mbah Jalal enggak bilang tahun sekian,” kata Muhndori saat di jumpai di masjid.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral