sambal teri ala santri tembus pasar nusantara.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Sambal Teri Ala Santri Probolinggo, Disajikan dengan Nasi Hangat dan Teh Hangat, Cocok untuk Berbuka Puasa

Senin, 3 April 2023 - 16:05 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Sebuah karya Santri Ponpes Raudlatul Muta'alimin berupa olahan sambal teri yang gurih dan pas disantap saat berbuka puasa ini, omsetnya naik hingga berlipat ganda di bulan suci Ramadhan. Jelang berbuka puasa, sambal teri sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan teh hangat.

Olahan delapan varian sambal ala santri yang digeluti sejak pandemi Covid-19 silam, saat ini mulai banjir pesanan di Kelurahan Wonoasih, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Farhatus Solihah, salah satu santriwati pengolah sambal teri ini menyampaikan, bahwa ide awalnya dulu waktu pandemi itu, mereka menganggur tidak bisa belajar dan diam di pondok. Kemudian diajari membuat sejumlah varian sambal yang membawa keberuntungan bersama.

"Seluruh proses pengolahan sambal dilakukan oleh santriwati, dengan menyiapkan semua bahan pembuat sambal yang diperlukan," terangnya.

Ternyata bahan-bahan pembuat sambal mudah didapat di pasar sekitar pondok dan termasuk proses pembuatan yang cukup mudah, cepat dan higenis.

"Ini mas bahan-bahannya, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah besar dan cabe kecil, serta ikan teri putih dan minyak goreng," terangnya.

Santriwati lainnya Farhat menambahkan, seluruh bahan yang sudah dirajang dan dibersihkan langsung ditumis menggunakan minyak. Setelah cukup layu atau setengah matang, diangkat dan dihaluskan. Kemudian kembali ditumis dengan minyak, gorengan teri putih dan bumbu. Begitu sudah matang, adonan sambal didinginkan terlebih dahulu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral