Ponpes Al-Fatah Temboro Magetan Gelar Tradisi Sholat Tarawih Terlama.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Ponpes Al-Fatah Temboro Magetan Gelar Tradisi Salat Tarawih Terlama, 8 Jam dengan Bacaan 30 Juz Al-Quran

Selasa, 4 April 2023 - 16:11 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Jika di Blitar ada sholat tarawih tercepat 23 rakaat tak kurang dari 10 menit, maka di pondok pesantren AL-Fatah Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar tradisi salat tarawih terlama hingga delapan jam dengan bacaan 30 juz Al-Quran khatam dalam waktu satu malam. 

Selepas berbuka puasa, ratusan santri di pondok pesantren Al-Fatah Temboro, langsung berduyun-duyun menuju ke masjid terdekat untuk melakukan ibadah sholat magrib, isya dan tarawih.

Berbeda dengan yang lain, salat tarawih 23 rakaat di ponpes ini terdapat kelompok jamaah salat tarawih terlama, yakni dengan bacaan Al-Quran 1 juz, 5 juz hingga 30 juz khatam dalam semalam atau menjelang sahur. 

Pelaksanaanya pun tidak dalam satu masjid, namun terbagi menjadi beberapa kelompok yang tersebar di sejumlah masjid yang ada di dalam pondok pesantren. 

Ustad Barlei Musaddad, Pengasuh Ponpes Al-Fatah Temboro ini membenarkan, setiap bulan Ramadhan ada tradisi yang dilakukan oleh para ustad dan santri untuk menggelar sholat tarawih hingga 30 juz Al-Quran yang berlangsung hingga delapan jam atau pukul 03.00 WIB. 

“Tarawih 30 juz ini sekaligus untuk menjawab perkataan sebagian orang, ngapain sholat tarawih 20 rakaat tapi cepet banget, mendingan yang kurang dari 20 tapi tenang, santai,” kata Barlei di Masjid Ponpes Al-Fatah Temboro, Selasa (4/4).

“Nah disini mau kita kasih sholat tarawih sama-sama 20 rakaat dan tetap santai dan tenang, tartil dan tajwidnya baik bahkan dengan bacaan surat sampai 30 juz Al-Quran yang akhirnya itu menjelang sahur,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral