Masjid Jami Al-Ishlah merupakan salah satu masjid unik dengan berornamen khas Lampung..
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Masjid Jami Al-Ishlah Kental dengan Sentuhan Budaya Lampung

Kamis, 6 April 2023 - 12:34 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Masjid Jami Al-Ishlah yang berada di Jalan Putri Balau, Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung merupakan salah satu masjid unik dengan berornamen khas budaya Lampung.

Masjid yang sudah ada sejak tahun 1938 ini sudah beberapa kali direnovasi. Pada tahun 2014 masjid yang berada di kawasan wisata budaya Lampung ini mulai direnovasi dengan khas budaya Lampung.

Saat ini belum banyak masjid yang menggunakan sentuhan budaya Lampung, umumnya tempat ibadah banyak menggunakan unsur simbol dari Timur Tengah dengan sentuhan kaligrafi yang kental dengan nuansa ke-Islaman.

Pengurus Masjid Al-Ishlah, Sadeli Mawardi mengatakan bangunan masjid yang berdiri di lahan seluas 700 meter persegi ini dirancang sedemikian rupa sesuai dengan sentuhan budaya Lampung.



"Mulai dari bagian depan, masjid tersebut sangat kental dengan sentuhan etnis Lampung pada bagian-bagian eksteriornya. Mulai dari tembok, menara sampai tempat wudhu khas Lampung," kata Sadeli Mawardi, Kamis (6/4/2023).

Sadeli mengungkapkan dengan warna merah keunguan yang cerah dan mencolok mendominasi tempat ibadah umat muslim satu ini.

"Sentuhan eksterior yang unik dan pastinya tidak dapat kita temui di masjid-masjid lainnya. Masjid yang disangga dengan delapan tiang setinggi dua lantai ini memiliki bentuk yang berbeda dengan masjid pada umumnya," ungkapnya.

Ia menerangkan, masjid yang memiliki ketinggian bangunan 13 meter, dilengkapi dengan menara setinggi 18 meter dari permukaan tanah.

Pahatan ornamen Lampung di atas batu membentuk gaya etnik, seperti pucuk rebung, perahu jukung, hingga payung pengantin mewarnai tempat ini.

"Simbol-simbol khas budaya Lampung diimplementasikan hampir ke seluruh bangunan masjid. Mulai dari dinding, tempat wudhu, atap, hingga tiang penyangga," terangnya.

Menurutnya, di Bandar Lampung masih sangat jarang sekali masjid dengan ornamen Lampung, bisa dibilang Masjid Jami Al-Ishlah sebagai pionirnya.

"Mungkin di Lampung hanya masjid ini yang memiliki khas Lampung," kata dia.

Ia juga mengatakan selama bulan suci Ramadhan Masjid Al-Ishlah banyak kegiatan yang dilakukan seperti tadarusan, pengajian ibu-ibu, menyediakan buka bersama dan kegiatan lainnya.

"Di masjid ini juga ada TPA buat anak-anak dan warga sekitar masjid," tandasnya. (puj/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral