Ustaz Abdul Somad (UAS), Pendakwah.
Sumber :
  • tim tvOne

Kapan Nuzulul Quran? Benarkah Al-Qur'an Turun di Malam ke-17 Ramadhan? Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Jumat, 7 April 2023 - 20:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Nuzulul Quran adalah waktu turunnya Al-Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar dan diperingati setiap 17 Ramadhan

Pada saat inilah disampaikan pesan dan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh umat muslim untuk mencapai kebenaran dan mempunyai pedoman.

Dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) bahwa sebenarnya banyak perbedaan di ulama mengenai kapan Nuzulul Quran, namun ada satu mazhab Imam Syafii yang mengatakan bahwa al-Qur'an turun pada malam ke-17.

"Salah satu mazhab yang mengatakan malam ke 17 adalah Mazhab Syafi'i dalilnya yaitu yang kami turunkan pada hamba kami pada malam Furqon malam pembebas dan pembeda antara yang haq dan yang batil," ujar Ustaz Abdul Somad (UAS) sebagaimana dikutip dari kanal YouTubenya pada Jumat (7/4/2023).

"Bertemunya dua pasukan kafir dan muslim tepat pada tanggal 17 Ramadan hari Jumat Perang Badar," tambah Ustaz Abdul Somad.

Oleh karena itulah umat Muslim selalu memperingati peristiwa tersebut. Lantas apa saja keistimewaa dari Nuzulul Qur'an?

1. Diampuni Segala Dosa 

Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekhilafannya, banyak sekali harapan dihapuskannya segala dosa-dosanya oleh Allah SWT Sang Maha Pengampun. Melalui Nuzulul Quran harapan itu bisa terwujud. Seperti yang dijelaskan dalam hadits di bawah ini.

"Barangsiapa yang beribadah pada Laiilatul Qadar atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharap Allah, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(HR Al-Bukhari). 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral