Buya Yahya.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jangan Terkecoh, Ini Perbedaan Dukun dan Ahli Hikmah Menurut Buya Yahya

Senin, 10 April 2023 - 21:07 WIB

tvOnenews.com - Salah satu ulama dan pendakwah yang cukup ternama di Indonesia yakni Yahya Zainul Maarif. atau yang dikenal dengan nama Buya Yahya pun menjelaskan tentang perbedaan dari seorang dukun dan juga ahli hikmah.

Dalam suatu kesempatan ketika sedang berceramah yang jida ditayangkan dalam tayangan video di media sosial youtube Al Bahjah TV, Buya Yahya mendapatkan pertanyaan tentang perbedaan dari dukun dan juga seorang ahli hikmah.

Dalam kesempatan tersebut Buya Yahya menjelaskan kalau kiai ilmu kedukunan adalah mereka yang ketika menimba ilmu di pondok pesantren yang justru mempelajari hal-hal keramat yang merupakan kemaksiatan.

"Ilmu Hikmah adalah ilmu yang sudah menempel di dalam diri orang-orang soleh, misalnya dia ngasih doa dan mudah terkabul. Lalu soal ruqyah, itu kan syar'i aslinya, karena nabi mengajarkan ruqyah atau membaca surat alfatihah untuk obat. " Kata Buya Yahya. 

Tapi saat ini menurut Buya Yahya ruqyah sendiri sudah melenceng jauh dimana kini sudah dicemari dengan berbagai macam hal mistis

Seorang ahli hikmah akan nampak pada wajahnya kekhusyukan dan tidak mengajarkan hal-hal yang tidak baik dan sebaliknya para dukun akan lebih cenderung ngelantur dan mengajarkan su’udzon.

“Kalau Ruqyah itu sederhana, kalau datang ahli hikmah itu akan tampak di wajahnya kekhusyukan, rasa takut kepada Allah, tidak mengajarkan hal yang tidak baik, tidak ngajarin su’udzon,” jelas Buya Yahya.

Seorang dukun biasanya akan mengajarkan suudzon ketika mencoba menjelaskan suatu masalah, contohnya ketika dirinya coba untuk menyelesaikan masalah yang terjadi didalam rumah. Ketika dia mencoba untuk menyelesaikan masalah ia akan bertanya dan berprasangka buruk pada orang lain.

“Kemarin siapa yang datang ke rumahmu. Akhirnya suudzon sama pamannya, prasangka buruk dengan bibinya,” kata Buya Yahya.

Jadi perbedaan seorang ahli hikmah dan dukun dilihat dari cara menyelesaikan sebuah masalah, dimana ahli hikmah menyelesaikannya dengan hikmah, tidak su'udzon dan berdoa demi kebaikan.

Sementara para dukun, mereka biasanya akan berkelakuan seperti seseorang yang tahu dan ahli tentang hal-hal gaib.  (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral