Pak Panut memasak bakmi Jawa dengan kompor arang kayu..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Buka Puasa dengan Mie Nyemek Jawa, Suwiran Ayam Kampungnya Bikin Nagih

Selasa, 11 April 2023 - 03:05 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Mie Jawa, sesuai namanya adalah kuliner khas di Jawa Tengah. Di Semarang, mi Jawa menjadi salah satu kuliner favorit yang warungnya bertebaran di berbagai sudut kota. Rasa gurih, pedas dan sedikit manis serta aromanya yang sedap, membuat kuliner ini punya banyak penggemar.

Untuk buka puasa di bulan Ramadhan, menu ini cocok untuk santapan kedua, setelah lebih dulu buka dengan minuman dan kudapan agar perut bisa beradaptasi setelah kosong seharian.

Salah satu kedai mi Jawa adalah Pondok mi Pak Panut, di kawasan Jagalan Semarang Tengah. Di sini tersedia menu khas mie Jawa dan nasi goreng Jawa. 

Mi Jawa ini beda dengan menu mi lainnya seperti mie Surabaya atau mie di daerah lain. Karena bahannya adalah mi basah khas Semarang. Mie ini selalu segar karena dibuat siang dimasak sore dan malam. Kalau tidak habis ya dibuang karena tidak memakai bahan pengawet.

Bakmi Jawa godog nyemek.(Teguh Joko)

Bumbunya juga beda karena memakai bawang putih, kemiri, garam, merica, dan bubuk udang ebi. Kecapnya juga khusus yaitu kecap merek tertentu buatan asli Semarang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral