Menu ikan kerling khas Aceh Barat.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Gulai Ikan Kerling Hasan Melborn, Incaran Menu Berbuka di Aceh Barat

Kamis, 13 April 2023 - 12:00 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com – Ratusan orang setiap harinya memenuhi rumah makan Hasan Melborn yang terletak di Gampong Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Gulai Kerling khas Aceh Barat yang disajikan disana menjadi daya tarik masyarakat untuk dijadikan sebagai pilihan menu berbuka puasa.

Bagi masyarakat Aceh khususnya, sudah tak asing dengan ikan kerling salah satu lauk primadona yang dijual secara khusus. Sebab, sulitnya mendapati ikan ini menjadikan harganya yang cukup mahal. Belum lagi tekstur dagingnya yang lembut dan sisiknya bisa dimakan, menambah sensasi kala menyantap hidangan yang satu ini.

Owner Rumah Makan Hasan Melborn, Zulkifli Andi Govi mengatakan, selama Ramadhan 1444 Hijriah (H), ratusan porsi gulai asam pedas ikan kerling khas Meulaboh habis diburu pembeli, bahkan banyak yang harus memesan lebih dulu agar bisa kebagian, jika terlambat maka bisa saja tak kedapatan membeli.

“Ikan kerling Cuma ada di rumah Makan Hasan Melborn, makanan khas Aceh Barat, ikannya cukup langka, kita dapat diujung-ujung sungai, tekstur dagingnya lembut dan agak manis. Dan ini menjadi favorit yang diincar pengunjung di rumah makan hasan selama bulan Ramadhan,” kata Andi, begitu dia disapa, Rabu (12/4/2023).

Menu Ikan Kerling Khas Aceh Barat

Di setiap daerah di Aceh, tentu memiliki resep tersendiri dalam mengolah ikan air tawar yang hidup di dalam sungai di Kawasan pegunungan ini, namun pasti tidak semua rasanya serupa. Di Aceh Barat sendiri resep dalam memasak sudah ada sejak lama dan selalu digunakan secara turun temurun agar rasanya memiliki ciri khas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral