Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni.
Sumber :
  • Wikipedia

Mengenal Al Biruni, Seorang Ilmuwan Besar Islam di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Kamis, 13 April 2023 - 04:05 WIB

tvOnenews.com - Abu Ar-Raihan Al Biruni merupakan salah satu dari dua ilmuwan besar muslim dalam bidang pengetahuan alam. Dia dilahirkan pada tahun 362 Hijriyah atau 973 Masehi di salah satu pinggiran kota Kats yang merupakan pusat kota Khawatizm di Asia Tengah.

Inilah yang menyebabkan dia dipanggil dengan nama Al Biruni, karena Birun dalam bahasa Persia berarti pinggiran kota. Ada juga yang mengatakan bahwa Al-Biruni dilahirkan pada tahun 351 Hijriyah atau 962 Masehi. 

Orang-orang berilmu pada masanya memanggilnya dengan "ustadz" (guru besar) sebagai bukti tingkat keilmuannya yang tinggi. Sedangkan orang-orang Barat mengenalnya dengan panggilan Master Aliboron.

Dilansir dari sumber buku karangan Muhammad Gharib Gaudah, tentang 147 Ilmuan Islam Terkemuka dalam Sejarah Islam, diterjemahkan oleh H. Muhyiddin Mas Rida, terbitan Pustaka Alkautsar, nama lengkap Al-Biruni adalah Abu Ar-Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Khawarizmi Al-Biruni. Sejak usia kanak-kanak, Al-Birunibelajar kepada Abu An-Nashr bin Arraq. 

Al Biruni - (thesciencefaith.com)

Al-Biruni menunjukkan potensinya yang besar sejak usia dini dalambidang matematika, astronomi,geografi, sejarah, dan berbagai macam ilmu lainnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral